Senin, 05 November 2012

Praktikum Kimia Fisika

Alhamdulillah semester ini gw jadi asisten praktikum Kimia Fisika padahal sudah S2. Biasanya seh yang jadi asisten adalah anak-anak tahun terakhir dari S1. Maklumnya, secara jurusan gw kan ada peningkatan. Bahkan, kalau di luar negeri yang jadi asisten adalah mahasiswa S3. So, jurusan gw dikit-dikit mulai nyerempet ke sana.



Ceritanya gw megang 3 modul percobaan. Panas Reaksi Ion, Partial Molar Volume, dan Koefisien Distribusi. Gw mau membicarakan dua terakhir karena menarik banget untuk dibahas. Untuk yang pertama gw belum ada ide jadi gw tugaskan aja ke praktikan gw buat nyari. Ha ha ha ha :D :D :D

Pertanyaan yang tak pernah lepas dari gw adalah kenapa ya ada yang namanya partial molar volume? dan jawabannya beraneka mulai yang mengeluarkan seribu jurus persamaan dan rumus-rumus sampai yang asal bunyi. Okey. Pada dasarnya, kalau zat A dan zat B itu bercampur. Mereka akan ada interaksi dan perubahan sifat. Zat A akan berubah dari keadaan murninya. Sama seperti manusia. Akan saling mempengaruhi. Orang yang rajin saat berkumpul dengan orang yang jelek akan saling mempengaruhi. Bisa jadi yang jelek akan memiliki pengaruh yang dominan sehingga mereka akan membuat yang rajin jadi sedikit nakal. Oleh karena itu, Nabi Muhammad SAW telah berpesan kepada kita untuk berhati-hati memilih teman karena agama seseorang itu dapat tercermin dari siapa dia berteman. Berkumpul dengan orang-orang baik akan membuat kita sedikitnya tidak ada image tidak baik. Bisa ikutan baik. Ya gak!

Sedangkan koefisien distribusi itu misalkan ada dua buah zat A dan B yang saling immisible atau tidak larut terus ditambahkan zat C yang larut dalam keduanya maka zat C ini akan terdispersi larut ke zat A dan zat B. Yang menarik adalah besarnya atau jumlah zat C yang larut dalam zat A dan zat B berbeda. Perbedaan ini dipengaruhi oleh sifat zat C. Jika polar maka akan cenderung larut pada zat yang juga polar. Sama seperti manusia. Mereka akan cenderung berkumpul pada fitrahnya. Remaja sholeh akan cenderung nyaman berkumpul dengan yang sholeh. Remaja punk akan cenderung nyaman dengan mereka yang memiliki minat yang sama. Bukan berarti mereka tidak bisa berkumpul dengan yang lain. Namun ini masalah kenyamanan. Karena zat yang non polar juga bisa larut dan zat yang polar.

Semoga bermanfaat :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar